5 Ciri Fisik Ikan Laut Dalam Yang Bisa Di Konsumsi

Ciri fisik ikan laut dalam antara lain adalah :

1. Mempunyai tulang, sisik, insang, yang berotot

2. Memiliki sistem saraf pusat, serta jantung dan ginjal yang besar.

3. Warnanya domnasi hitam, dan hidup menyendiri.

4. Ciri khas nya dengan struktur tulang belakang yang lebih besar dan lebih tajam – seperti pada ikan : salmon, tuna dan cakalang

5. Pada tubuh nya ramping dan tidak ada sirip atas, juga memiliki warna yang mencolok

5 Ciri Fisik Ikan Laut Dalam Yang Bisa Di Konsumsi

Jenis Ikan laut dalam konsumsi – dibawah ini adalah jenis ikan air laut dalam yang juga sering kita konsumsi yaitu :

1. Ikan Salmon

Salmon merupakan ikan air laut dalam konsumsi yang harganya cukup mahal dibandingkan dengan ikan lainnya. Salmon memiliki warna oranye kemerahan yang sangat khas – Ikan ini sebenarnya lebih dikenal sebagai bahan dasar sushi. Namun selain digunakan sebagai sushi, salmon juga cocok untuk dimasak menjadi steak.

2 . Ikan Kembung dan Tenggiri

Ikan kembung merupakan jenis ikan laut dalam konsumsi yang paling sering diolah menjadi berbagai makanan khas Indonesia, Mulai dari siomay, otak-otak, batagor, hingga pempek. Ikan air laut dalam ini memiliki ukuran yang besar dengan daging yang banyak – Ikan tenggiri memiliki ciri khas aroma dan rasa yang berbeda dengan ikan lainnya.

3. Ikan Tuna

Selanjutnya ada ikan tuna yang juga sering dijadikan sushi – Jenis ikan laut dalam konsumsi ini memiliki warna agak pink, Teksturnya sangat lembut dan durinya juga cukup besar. Ikan Tuna tidak hanya sering diolah menjadi sushi, tetapi juga dimasak dengan balado atau bumbu kuning. Selain itu, kita juga sering menemukan ikan tuna dalam kaleng alias diawetkan.

4. Ikan Teri

Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan laut dalam yang sering jadi konsumsi dan diolah menjadi berbagai kuliner. Berbeda dengan ikan laut lainnya, ikan teri berukuran sangat kecil karena hanya berukuran sekitar 1-2 cm saja. Ukurannya yang kecil seringkali menjadikan ikan teri sebagai bahan campuran dalam masakan, Ikan teri bisa diolah dengan balado, pepes, dan tumis.

5. Ikan Kakap

Kakap dikenal sebagai ikan laut dalam konsumsi yang banyak dijumpai di rumah makan Padang, salah satu olahan yang paling populer adalah gulai kepala ikan kakap. Ada dua jenis ikan konsumsi yaitu kakap merah dan kakap putih, Kakap merah lebih mahal karena memiliki daging yang lebih tebal dan rasa yang lebih kuat.

6. Ikan Tuna

Tuna merupakan ikan air laut dalam komsumsi yang dapat dengan mudah ditemukan di seluruh Indonesia – Jenis ikan konsumsi ini berukuran sangat besar karena berukuran sekitar 60 cm. Ukurannya yang besar ini membuat dagingnya sangat banyak – Duri ikan tuna juga terbilang besar sehingga mudah dimakan. Tuna kebanyakan diolah dengan bumbu balado, kari, dan pindang.

Tinggalkan komentar